Carian
Isi Liburan Anak Lewat Interaksi Dengan Hewan 
June 11, 2024 Arifin

Musim liburan anak sekolah telah berada di hadapan. Adakah ayah-bunda merencanakan selama masa liburan tersebut akan diisi dengan apa? Sementara itu, tinggal hitungan hari menuju Iduladha. Ternyata di berbagai tempat penjualan hewan kurban, menjadi lokasi favorit bagi para anak-anak untuk melihat, mengamati.

Mengisi liburan anak sekolah melalui interaksi dengan hewan bisa menjadi opsi. Seperti misalnya, mengajak anak ke tempat penjualan hewan kurban. Anak dengan daya observasinya, begitu gembira melihat, mendengar, baik itu sapi, kerbau, kambing, domba yang ada. Ayah-bunda pun dapat memasukkan nilai-nilai edukasi serta agama dalam kegiatan tersebut.

Liburan melalui berinteraksi dengan hewan juga dapat dilakukan dalam kegiatan keseharian. Misalnya, ketika berbelanja bulanan, biarkan anak mengobservasi apa yang ada di akuarium di tempat membeli ikan. Anak bisa belajar perihal ukuran ikan, warna ikan, bagaimana ikan berenang serta hewan yang hidup di air, jenis ikan, dan sebagainya.

Interaksi dengan hewan juga dapat lebih intens dilakukan saat liburan bila memiliki hewan peliharaan. Libatkan anak, kala memberi makan, biarkan anak mengajukan pertanyaan apa saja dari pengamatan yang dilakukannya. Memiliki hewan peliharaan juga dapat mengajarkan anak untuk bertanggung jawab, memiliki empati, serta kepedulian terhadap lingkungan.

Liburan dan interaksi dengan hewan juga dapat ditempuh dengan kunjungan. Bisa ke taman, kebun binatang. Di taman, manfaatkan waktu bersama anak untuk mengobservasi binatang-binatang apa saja yang ada di taman tersebut.

Sedangkan di kebun binatang, ada ragam binatang yang dapat dilihat, serta menilik selayang pandang informasinya. Di samping itu terdapat berbagai aktivitas menarik, misalnya memberi makan hewan, menyaksikan atraksi tertentu dari hewan, dan sebagainya.

Komen